Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan Rp10 miliar pada tahun anggaran 2022 untuk membantu pengembangan desa wisata agar lebih menarik sehingga bisa menambah banyak ragam destinasi wisata di Garut, Jawa Barat.

“Untuk desa wisata kita sediakan Rp10 miliar di APBD 2022,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan Pemkab Garut saat ini terus berupaya membangun pembangunan dan pengembangan pemerintah desa yang sedang serius menciptakan desa wisata.

Pemkab Garut, lanjut dia, mendorong program desa wisata itu dengan menyiapkan dana sebesar Rp10 miliar untuk desa bersungguh-sungguh ingin membangun desanya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Untuk seluruh desa yang ada di Garut yang menjadi potensi tujuan wisata kita dukung, kegunaan APBD itu untuk lebih penting, terutama dalam menggerakkan ekonomi di desa,” katanya.

Ia menyampaikan dana yang disiapkan dari APBD Garut itu bisa dimanfaatkan untuk jalan, tembok penahan tanah atau sarana dan prasarana lainnya yang dapat menunjang keberadaan desa wisata.

Adanya bantuan dari pemerintah daerah itu, kata dia, tentu dapat mempercepat pengembangan desa wisata yang akhirnya dapat dirasakan manfaat positif oleh masyarakat setempat.

“Kami berharap nanti ada penguatan-penguatan supaya nanti bisa pas program kegiatannya untuk peningkatan desa wisata,” katanya.

Ia menambahkan Pemkab Garut bersama pihak terkait yakni pelaku pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Garut untuk menggeliatkan pariwisata agar lebih maju.

Terutama, lanjut dia, mendorong sektor pariwisata, termasuk usaha kuliner di Garut dapat kembali bangkit setelah lama dilanda wabah COVID-19.

“Sekarang ini membuat bagaimana pariwisata desa itu bisa tumbuh dan berkembang,” katanya.

Sumber : Antara Jabar