Menparekaf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Saung Ciburial Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Senin (18/10/2021) tempo hari.*

KABAR PRIANGAN – Desa Wisata Saung Ciburial Kecamatan Samarang Kabupaten Garut masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.
Demikian siaran Pers dari Plt. Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf) RI yang disebarluaskan Diskomimfo Garut, Rabu 20 Oktober 2021.
Menparekaf Sandiaga Salahuddin Uno, menginginkan Desa Wisata Saung Ciburial menjadi ikon baru untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Ia menjelaskan, desa wisata ini memiliki daya tarik wisata alam dan buatan kreatif seperti aktivitas edukasi berkebun dan budaya Garut, lanskap sawah, paket wisata outbound dan camping ground, peternakan domba Garut, dan masih banyak daya tarik potensial yang dapat dikembangkan dan dipromosikan.

“Ini menjadi peluang sebagai the next destination bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Saya berharap, Ciburial jadi idola sekaligus ikon yang mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut,” kata Sandiaga Uno saat melakukan visitasi 50 besar ADWI 2021, di Desa Wisata Saung Ciburial, Senin, 18 Oktober 2021 kemarin, yang didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan, Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela, Anggota Komisi VII DPR RI Subarna, serta Direktur Tata Kelola Destinasi Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua.

Sandiaga Uno saat berkunjung ke desa yang mulai dirintis sejak tahun 2010 itu juga menyaksikan hingga mencoba beberapa atraksi yang ditawarkan seperti bermain permainan tradisional bersama anak-anak hingga mencoba membuat teh kewer yang berasal dari tanaman dengan nama latin Senna septemtrionalis.

Teh ini sejak lama menjadi minuman sehari-hari, sebagai minuman herbal yang dipercaya ampuh mengatasi masalah pencernaan tubuh.

“Selain memiliki daya tarik wisata sejarah, Desa Wisata Saung Ciburial memiliki daya tarik budaya dan event kreatif diantaranya; Seni Bela diri Tradisional Pencak Silat dan Atraksi Kaulinan Barudak Lembur yang terus dilestarikan oleh masyarakat lokal yang menjadikan desa wisata ini sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan, ” katanya.

Berkunjung ke Desa Wisata Saung Ciburial wisatawan juga diajak untuk menikmati suasana pulang kampung dengan segala kebersahajaannya, namun menyimpan berjuta cerita sebagai kesan mendalam bagi siapa saja, sesuai tagline yang diusungnya “Berbagi Cerita Dalam Nuansa Desa”